Friday 2 August 2013

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh

kalsium untuk kesehatan
Kalsium (Ca) atau Zat Kapur merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.  Kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan gigi dengan bantuan  vitamin D dan fosfor, membentuk  pembentukan darah, mempengaruhi penerimaan rangsangan saraf. 
Sumber  kalsium antara lain; susu,  sayur,  kacang- kacangan,  ikan terutama ikan kecil yang dapat dimakan dengan tulangnya, seperti  teri.  Jika didalam makanan tidak terdapat atau sedikit sekali kandungan kalsiumnya, maka seorang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan akan mengalami gangguan terutama pertumbuhan giginya. Apabila kekurangan kalsium tersebut disertai oleh kekurangan vitamin D, maka anak tersebut akan menderita penyakit tulang yang biasa disebut rakhitis. 
Pada orang dewasa kekurangan zat kapur (Kalsium) yang disertai kekurangan vitamin D akan menyebabkan pelembekan tulang yang dikenal dengan nama Osteomalacia. Pelembekan tulang seperti itu dapat terjadi kepada wanita yang sedang hamil atau menyusui. Karena wanita  yang hamil dan menyusui harus menyediakan kebutuhan kalsium bagi bayi yang dalam kandungan dan yang  disusuinya.  Apabila seorang ibu hamil dan yang sedang menyusui  makan makanan yang tidak terdapat kandungan kalsium,  maka untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan bayi  yang dikandung ataupun yang sedang disusuinya zat  kalsium tersebut terpaksa diambil dari tulang ibunya.

No comments:

Post a Comment