Monday 29 July 2013

Penyebab Penyakit

timbulnya penyakit

Penyakit terkadang menimpa siapa saja, baik anak- anak, orang dewasa maupun orang tua. Penyakit yang timbul pada diri seseorang bisa disebabkan dari dua faktor penyebab yaitu penyebab dari dalam diri dan dari luar. Penyebab dalam diri seseorang yaitu adanya kelainan- kelainan dari tubuh orang tersebut, misalnya adanya tekanan pikiran (stres) pada seseorang dapat minimbulkan penyakit seperti tekanan darah tinggi, sakit kepala dan lain sebagainnya. Contoh lain penyebab penyakit dari dalam diri seseorang yaitu adanya perubahan fungsi kelenjar hormon dan kelainan kelenjar. Hal ini  dapat menimbulkan penyakit misalnya ; penyakit gondok. 

Faktor penyebab timbulnya penyakit yang kedua adalah penyebab dari luar. Penyakit yang disebabkan oleh faktor luar dari tubuh dapat dibedakan menjadi beberapa penyebab yaitu:   

  1. Penyebab mekanis, berbagai penyakit bisa ditimbulkan dari penyebab mekanis ini, seperti adanya benturan benda tajam ataupun tumpul. Benturan benda tajam ataupun tumpul dapat menimbulkan berbagai penyakit. Penyakit yang timbul seperti; lecet, memar, patah tulang, infeksi,  dan lain sebagainnya
  2. Penyebab fisik, penyebab timbulnya penyakit dari faktor fisik misalnnya  pancaran sinar matahari yang terlalu terik, suhu terlalu rendah dapat menimbulkan penyakit pada diri seseorang. 
  3. Penyebab kimia, bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh lambat laun bisa menyebabkan penyakit. Dengan adanya bahan kimia yang sebenarnya tidak boleh berada melebihi ambang batas, sering kali mengakibatkan orang sekeliling tempat bahan kimia tersebut menderita keracunan. Penyebab kimia juga bisa berasal dari polutan yang berasal dari asap kendaraan bermotor. Polutan kendaraan bermotor bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti  inpeksi saluran pernapasan, alergi dan lain sebagainnya.     
Semoga bermanfaat



 

No comments:

Post a Comment