Sunday 4 August 2013

Manfaat Air Bagi Tubuh

kegunaan air

Air merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk tubuh dan merupakan bagian terbesar dari sel- sel tubuh. Didalam tubuh, air berguna untuk: 
  • Membentuk cairan tubuh
  • Alat pengangkut makanan
  • Alat pengangkut sisa-sisa pembakaran yang tidak dapat digunakan bagi tubuh
  • Mengatur panas tubuh
Dalam proses pengaturan pengaturan panas tubuh, air berperan dalam menurunkan panas tubuh. Dengan adanya pembakaran zat makanan dalam tubuh, akan dihasilkan panas dan akibatnya suhu akan meningkat. Agar suhu tubuh dapat kembali menjadi normal, maka air yang ada dalam tubuh sebagian akan dikeluarkan dari pori- pori kulit berupa keringat. Untuk menguapkan keringat diperlukan panas. Panas ini diambil dari kelebihan panas tubuh yang dihasilkan dari pembakaran zat makanan. Dengan cara demikian, maka suhu tubuh akan turun kembali.
  
Kebutuhan tubuh manusia akan air dalam sehari sesuai dengan banyaknya air yang keluar atau yang hilang dari tubuh. Pada keadaan normal dan ideal yaitu diet rendah cairan, aktifitas fisik minimal serta tidak ada keringat yang keluar, orang dewasa membutuhkan air sebanyak 1500- 2000 ml sehari. Sumber air untuk kebutuhan tubuh biasanya didapat dari hasil oksidasi zat gizi, makanan dan minuman. 

Saat berolahraga kebutuhan air tentu akan lebih banyak dibandungkan dalam keadaan istirahat. Pada saat berolahraga suhu tubuh meningkat dn tubuh menjadi panas. Tubuh yang panas berusaha untuk menjadi dingin dengan cara berkeringat. Banyaknya keringat yang keluar menyababkan tubuh banyak kekurangan cairan, oleh karena itu, kebutuhan air banyak dibutuhkan oleh orang yang sedang berolahraga. 
 .      

No comments:

Post a Comment